Pahlawan devisa? Apa
yang dimaksud dengan sebutan tersebut? Apa yang harus dilakukan agar layak mendapat
sebutan sebagai pahlawan devisa?
Menurut penjelasan
dalam Wikipedia, devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat
pembayaran internasional. Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata uang
yang dapat diterima oleh hampir semua Negara di dunia, seperti US Dollar, Yen
Jepang, Euro, Poundsterling Inggris.
Sementara apakah
pahlawan itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan adalah orang yang
menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau
pejuang yang gagah berani. Kata pahlawan itu sendiri berasal dari bahasa
Sansekerta: phala-wan yang mempunyai arti orang yang dirinya menghasilkan
buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara dan agama.
Apabila mahasiswa dapat memulai bisnis
mereka sejak dibangku kuliah, menghasilkan hasil karya yang inovatif dan
kompetitif, disesuaikan dengan kebutuhan pasar ditambah dengan global advertising, secara komersial hal
ini akan mendatangkan tingkat keuntungan yang tidak sedikit. Semakin banyaknya
mata uang asing yang ditukarkan untuk sejumlah rupiah akan berakibat kepada dua
hal, yaitu:
- Bertambahnya simpanan mata uang asing di kas negara, dan mata uang asing adalah sumber devisa.
- Kebutuhan terhadap rupiah meningkat, dan sesuai hukum “supply and demand”, nilai rupiah akan menguat dibanding mata uang asing.
Tugas, tanggung jawab dan peluang
mahasiswa dalam bisnis.
Mahasiswa merupakan
salah satu bagian dari sumber daya manusia dan sekaligus merupakan aset bangsa
yang kelak akan menjadi generasi penerus dalam pembangun bangsa. Di sisi lain,
mahasiswa merupakan insan yang memiliki berbagai dimensi, satu diantaranya
adalah sebagai bagian dari civitas akademika. Pendidikan tinggi melalui
kegiatan penelitian dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai pemikiran dan
konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya bangsa
melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan karya seni
yang bermutu sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
Mengingat mahasiswa
merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang strategis maka perlu diberi
peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri secara utuh
dan bertanggung jawab. Sebagai civitas akademika dalam rangka pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni dan sekaligus merupakan mitra dosen dalam
proses belajar mengajar yang dialogis. Sebagai unsur terpelajar dari generasi
muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di
tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk turut serta dalam pembangunan
nasional. Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan
kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi
pemerintah mencapai tujuannya.
Mahasiswa dan jiwa entrepreneurship.
Perguruan tinggi
sebagai salah satu pusat pembinaan dan pengembangan kewirausahaan ditetapkan
melalui hasil pertemuan wilayah Asia dan Pasifik “APEC” di Seattle sebagaimana
salah satu agenda kesepakatan bahwa untuk membantu mempercepat pertumbuhan
perekonomian di wilayah Asia dan Pasifik secara luas dan merata, perlu ada
kerja sama “tripartite” antara “Government-Business-Universities”, Sanusi
(2005:77). Salah satu sasarannya adalah memajukan kewirausahaan. Sebagai
implementasi dari ketiga lembaga tersebut secara fungsional mempunyai peranan
yang bersifat komplementer dalam pembinaan dan pengembangan kewirausahaan
masyarakat kampus dalam hal ini peranan perguruan tinggi dalam memotivasi
lulusan sarjananya menjadi seorang wirausahawan muda sangat penting dalam
menumbuhkan jumlah wirausahawan. Dengan meningkatnya wirausahawan dari kalangan
sarjana akan mengurangi pertambahan jumlah pengangguran bahkan menambah jumlah
lapangan pekerjaan.
Tugas perguruan tinggi
yang terumus dalam “Tridarma” perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian,
dan pengabdian kepada masyarakat merupakan jalur paling strategik dalam
pembinaan dan pengembangan nilai-nilai kewirausahaan yang dapat menjangkau
seluruh lapisan masyarakat.
Hasil penelitian
mengatakan bahwa ada 3 faktor paling dominan dalam memotivasi sarjana menjadi
wirausahawan yaitu faktor kesempatan, faktor kebebasan, faktor kepuasan hidup.
Perguruan tinggi bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan kemampuan
dalam melihat peluang bisnis serta mengelola bisnis tersebut serta memberikan
motivasi untuk mempunyai keberanian menghadapi resiko bisnis. Peranan perguruan
tinggi dalam memotivasi para sarjananya menjadi young entrepreneurs merupakan bagian dari salah satu faktor
pendorong pertumbuhan kewirausahaan.
Perbandingan antara model bisnis
tradisional dan bisnis online/digital.
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang
disebut
dunia maya. Di dunia maya,setiap
individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi
dengan individu
lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Mobilitas
manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa
dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen.
Hal tersebut tidak
dapat dipenuhi oleh model bisnis tradisional, dimana bisnis tradisional dilakukan melalui pertemuan antara penjual
dan pembeli, secara langsung dan nyata, serta ditandai dengan adanya transaksi
jual/beli secara langsung. Transaksi bisnis melalui internet, yang lebih
dikenal dengan nama e-business dan e-commerce, merupakan solusi dari
perubahan sektor bisnis yang terjadi tersebut.
Walaupun demikian,
model bisnis tradisional masih mempunya keuntungan dibandingkan dengan bisnis
online. Salah satunya adalah masih adanya kontak
sosial saat tawar menawar antara penjual dan pembeli, sementara pada e-commerce
biasanya penjual sudah mematok harga yang tidak dapat ditawar oleh pembelinya.
Global
Advertising berdasarkan segmen.
Segmentasi Pasar (Market Segment) merupakan kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Global Advertising itu sendiri adalah upaya untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa suatu perusahaan kepada masyarakat luas secara global.
Global Advertising itu sendiri adalah upaya untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa suatu perusahaan kepada masyarakat luas secara global.
Dalam kasus ini, bagaimana mahasiswa berupaya memperkenalkan
inovasi mereka, berdasarkan penetapan segmentasi pasar. Hal ini diperlukan
untuk dapat menyasar pasar yang tetap sesuai dengan produk atau jasa yang
mereka coba tawarkan. Terdapat beberapa hal yang menjadi penetapan segmentasi pasar yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
- Variabel geografi, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
- Variabel demografi, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lain-lain.
- Variabel psikologis, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Variabel tersebut juga berupa manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
Tahap 1, menetapkan segmentasi makro,
yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual,
ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Beberapa hasil penelitian dibawah ini merupakan
contoh sebagai masukkan.
1. Iklan melalui internet mendekati
iklan TV untuk menjadi hiburan dan media iklan terbesar. Pada
2013, pendapatan iklan internet total adalah US$ 117.2b . Angka tersebut akan
meningkat menjadi US$ 194.5bn pada tahun 2018, CAGR 10,7 % yang berarti bahwa
itu mendekati pendapatan iklan TV sebagai segmen iklan terbesar. Ini adalah
kemajuan yang signifikan dari tahun 2009, ketika pendapatan iklan TV total
adalah US$ 132.0bn dan total pendapatan iklan internet hanya US$ 58.7bn.
2. Iklan mobile (mobile advertising) akan menyalip iklan
baris di 2014.
Pendapatan iklan melalui mobil internet secara global, diperkirakan akan melompati iklan baris dan menjadi peringkat ketiga terbesar. Tapi setelah empat tahun yang sangat kuat antara tahun 2010 dan 2013 yang didorong oleh peluncuran iPad, pertumbuhan pendapatan seluler tahunan jatuh kembali ke tingkat sebelum pengenalan dan pengiklan iPad.
3. Pencarian (Search) akan mempertahankan posisinya yang dominan.
Global paid search Internet advertising memiliki pangsa terbesar dari pendapatan iklan internet total,US$ 48.4bn pada tahun 2013.
4. Dalam iklan melalui internet, video akan terlihat mengalami pertumbuhan tajam.Pendapatan melaui iklan di video internet secara global akan meningkat pada 23,8 % CAGR 2018, diatas mobile 21,5 % CAGR. Layanan video terbesar, YouTube, menghabiskan bertahun-tahun untuk menyempurnakan format iklan pre-roll-nya. Sekarang iklan TrueView dikerahkan secara luas.
5. Pengiklan mencari iklan yang dibuat secara programmatic dan format iklan asli untuk meningkatkan tampilan dan kinerja.
6. Melacak pengguna melalui multi-device menyajikan tantangan baru.
Implementasi e-Business yang tepat bagi
mahasiswa.
Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan banyak
terobosan baru disegala bidang. Internet telah merubah banyak hal di Indonesia,
bukan hanya di Indonesia yang merasakan perubahannya bahkan seluruh dunia.
perubahan tersebut khususnya didalam pemenuhan kebutuhan akan informasi dan sistem
jaringan yang luas mempermudah akses informasi secara cepat dan lebih
fleksibel.
Dunia perdagangan khususnya di Indonesia tidak lagi
dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia
perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai
dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi
yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan
konsumen. Transaksi melalui Internet inilah yang dikenal dengan nama E-Commerce
dan E-Business.
Faktor diatas dapat dijadikan peluang bagi mahasiswa,
terutama yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif, untuk memulai sebuah bisnis.
Kenyataan bahwa banyak lulusan yang menganggur, bisa menjadi pertimbangan untuk
memulai bisnis kecil, yang dirintis dari bangku kuliah, dengan modal tidak
terlalu besar, ditambah ide kreatif dan inovatif, dan jaringan pertemanan antar
mahasiswa.
Ada banyak sekali implementasi e-Business yang dapat
dilakukan oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan teknologi informasi,
sebagian kecil diantaranya:
•Menjadi penyelenggara acara (event organizer) dengan
membuat web dan melakukan pemasaran melalui jaringan pertemanan antar
mahasiswa;
•Membuat jasa Survey dan Polling;
•Jasa pembuatan Website;
•Menjalankan bisnis online;
•Menjadi pengulas/pembahas (wisata kuliner, daerah tujuan
wisata, dll.) melalui Blogger;
•Dan masih banyak lagi peluang lainnya.
Referensi:
[1] Sistem Pelayanan Kemahasiswaan Pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
[2] Peranan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Sikap Mental Kewirausahaan Mahasiswa
[3] Internet Advertising
[4] Implementasi e-Business di Indonesia
Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Jampi Pelet. Penglaris Usaha. Dll
ReplyDelete